Selasa, 08 Juli 2014

Sensor Proximity

Sensor Proximity adalah rangkaian elektronika yang mampu merasakan atau mendeteksi suatu benda tanpa harus ada kontak fisik dengan benda tersebut.
Biasanya sensor proximity menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik atau sinar elektromagnetik seperti infrared. Target dari sensor proximity ini disebut target sensor, yang biasanya dikalkulasikan secara otomatis oleh bagian penerima dari sensor proximity dengan menggunakan pantulan dari sinar atau gelombang elektromagnetik yang telah dipancarkan.







Contoh penggunaan biasanya pada metal detector di tempat - tempat tertentu, seperti bandara, mall, dll.. pada pintu masuk pasti dipasang proximity sensor yang hanya sensitif ( berfungsi / aktif ) ketika sinyal pantulnya dihalangi oleh benda logam..





Untuk pengembangan selanjutnya, saya berangan angan sensor proximity ini akan digunakan pada alat transportasi otomatis sebagai controller, activator, dan breaker.
Jadi pada alat transportasi tersebut, akan aktif jika sensor proximity menerima sinyal dari sensor proximity pada alat transportasi di belakangnya, dan akan berhenti pada waktu tertentu, dengan kecepatan yang berubah ubah sesuai dengan jarak pantulan yang diterima sensor pada transportasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar